Minggu, 07 Juli 2013

Harapan (Tugas IBD)



Cita-cita merupakan keinginan, harapan, dan tujuan manusia atau bisa juga diartikan bahwa cita-cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depannya, cita-cita itu adalah tujuan hidup. Cita-cita yang baik adalah cita-cita yang dapat dicapai melalui kerja keras, kreativitas, inovasi, dukungan orang lain dan sebagainya. Keberanian kita mengambil resiko hari ini bisa jadi menjadi kesuksesan tak terduga di masa depan kita.
            Suatu ketika kita masih duduk di bangku SD, pasti pernah ditanyai oleh gurunya, “Apa cita-cita kalian nantinya?”. Ya itu adalah hal yang indah ketika SD, lebih banyak memikirkan kesenangan dan itu berbeda sekali dengan sekarang yang masuk ke jenjang perguruan tinggi. Sewaktu kecil pun kita lebih banyak membayangkan masa depan kita ke depannya bagaimana, dengan tiada beban kita membayangkan hal itu seolah-olah dapat diraih dengan mudahnya.

            Seperti teman-teman yang lainnya, saya pun waktu itu memiliki cita-cita juga. Ketika itu saya berharap ingin menjadi seorang guru atau dosen bidang eksak. Kalau dibayangkan oleh pemikiran yang masih anak-anak, dengan mudahnya nanti ketika saya menjadi guru ataupun dosen nantinya hanya memberi materi-materi pelajaran eksak, memberikan kepada murid-muridnya tugas (dengan kata lain PR), dapet uang banyak, dan lain-lainnya. Lihat, kalau harapan itu mudah untuk dibayangkan kan?
            Karena cita-cita itu, dari ketika SD sampai SMA saya fokus ke pelajaran eksak. Iya memang benar, bikin mumet semuanya. Dari pelajaran yang hitung-menghitung sampai hafal-menghafal. Ya namanya juga belajar, ada saja hambatannya. Terkadang hasilnya tidak memuaskan juga.
            Di penghujung SMA yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Ya yang saya inginkan melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, dan saya pun menginginkan jurusan yang eksak juga sesuai keinginan saya terdahulu. Namun kenyataannya itu tidak direstui oleh orang tua saya. Saya tidak ingin melawan keinginannya. Orang tua saya memberi alasan-alasan yang masuk akal, dan dipikir-pikir ada benarnya juga, ya sudah, setelah dari SMA semuanya itu terserah orang tua saya. Karena saya tidak ingin mengecewakan mereka.
            Keinginan orang tua saya agar saya melanjutkannya ke perguruan tinggi swasta yang berada di Bekasi (If You Know What I Mean), dengan jurusan Sistem Informasi. Jurusan itu kalau bisa dibilang meleset sekali (dari eksak ke komputer). Namun saya yakin keinginan mereka membuat saya sukses dengan jalan lain. Seperti banyak orang bilang, ridha Allah ridha orang tua.

Sumber: kehidupan penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar